MASIGNCLEAN101

Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java di Netbeans

Pembukaan

Dalam mendeploy atau mengembangkan sebuah aplikasi, kita sebagai coder biasanya akan melewati berbagai rintangan terutama kondisi-kondisi program yang tidak dapat dijalankan. Error adalah salah satu kondisi yang cukup menguras jiwa, bahkan error terjadi hanya ketika programmer lupa untuk memberikan semicolon (;) atau ada salah satu huruf yang tidak sesuai dengan nama class. Jika seorang programmer yang sudah mahir biasanya bisa menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan forum, lain lagi cerita jika programmer yang baru mulai belajar pasti akan mencari di forum/ mesin pencari. Pernah mengalami error seprti gambar dibawah? tenang error dapat menjadikan kita lebih mastah.
Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java Netbeans
Gambar 1

Pembahasan

Java-Sc akan mencoba memberikan beberapa kondisi error yang biasanya sering terjadi dan dialami oleh programmer pemula (penulis juga) dan orang yang ingin memulai untuk belajar pemrograman java. Untuk itu kita akan membuat sebuah aplikasi sederhana untuk mempraktikan pesan-pesan erro ini, silahkan buat lah aplikasi perkalian dua angka menggunakan GUI. Berikut adalah komponen dan interface yang digunakan untuk tutorial ini.
KomponenTextVariableFungsi
JLabel Jadi Mastah Karena Pesan Error, X , = - Judul pada aplikasi dan simbol operasi matematika
JTextField - txt_satu,txt_dua dan txt_tiga Form input nilai yang akan di kalikan.
JButton Pencet Akuh tombol Tombol untuk operasi perkalian
Untuk interface bisa di sesuaikan atau mengikuti contoh pada interface yang saya buat seperti gambar di bawah.
Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java Netbeans
Gambar 2
Selanjutnya berikan event pada tombol, cukup double click saja tombol secara otomatis akan membuat event actionPerform dan ketikan kode program berikut.
    private void tombolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        int a,b,c;
        a = txt_satu.getText();
        b = txt_dua.getText();
        c = a * b;
        if (!txt_satu.getText().isEmpty() && !txt_dua.getText().isEmpty() {
            txt_tiga.setText(c)
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terkalikan");
        }else {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Ada yang error, mungkin form kosong");
        }
    } 
Dan ada banyak error didalam kode program diatas, perhatikan jika didalam netbeans kita diberi kemudahan untuk menganalisa error. Terdapat lampu merah (indikator) kalau ada yang tidak beres pada kode program yang kita ketik. Kita dapat melihat pesan yang diberikan dengan cara mengarahkan kursor ke lampu tersebut atau jika bisa di click kita diberi saran/pilihan untuk menangani masalah error yang ada pada program. Coba arahkan kursor pada pesan error untuk baris 3 dan 4, maka akan ada pesan bahwa "incompatible types : String cannot be converted to int" yang menandakan bahwa tipe data String tidak di izinkan untuk di convert ke integer.
Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java Netbeans
Gambar 3
Biasanya pesan error yang seperti ini adalah ketika kita membuat aplikasi yang didalamnya mengharuskan kita mengganti String ke Integer, Integer ke String, Double ke Integer dan tipe data lainnya yang dapat di ubah. Penanganannya sangat sederhana kita bisa menggunakan fungsi Parse di java, apa itu parse? bisa di pelajari pada postingan berikut : Cara Menggunakan Fungsi Parse Untuk Konversi Tipe Data di Java. Sehingga pada kode program yang sudah kita ubah akan menjadi seperti berikut.
    private void tombolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        int a,b,c;
        a = Integer.parseInt(txt_satu.getText());
        b = Integer.parseInt(txt_dua.getText());
        c = a * b;
        if ( !txt_satu.getText().isEmpty() && !txt_dua.getText().isEmpty() {
            txt_tiga.setText(c)
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terkalikan");
        }else {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Ada yang error, mungkin form kosong");
        }
    } 
Untuk baris 3 dan 4 sudah tidak ada pesan error lagi, kita akan beralih ke baris 6 dimana ada fungsi percabangan if else. Arahkan kembali ke indikator error yang terjadi pada baris 6 maka akan ada pesan "')' expected" , pesan ini menandakan bahwa ada simbol yang kurang atau tertinggal. Pada tanda kutip ada simbol  ) / tutup kurung, artinya pada baris ini tidak ada simbol tersebut. Pesan error seperti ini biasanya paling banyak dialami oleh programmer java yang baru belajar. Cara menanganinya adalah mencocokan, yaitu mencocokan setiap tanda kurung yang tersedia pada baris, perhatikan gambar dibawah tepat pada bagian yang di garis bawahi (garis biru).
Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java Netbeans
Gambar 4
Saya meletakan kursor diatara tanda kurung tersebut dan menghasilkan warna kunging, maksud dari warna kuning tersebut adalah tanda kurung sudah cocok / sudah ada sepasang tanda kurung. Lalu saya cari lagi ke tanda kurung lain, arahkan ke pada bagian buka kurung setelah if, perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java Netbeans
Gambar 5

Kita lihat lagi bagaimana struktur percabangan if else, bisa dibaca pada postingan Percabangan If Else. Dimana statement/ kondisi harus didalam tanda kurung, coba tambah tutup kurung pada bagian akhir baris tepat sebelum tanda buka kurung kurawal ({), sehingga kode program menjadi seperti berikut.
    private void tombolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        int a,b,c;
        a = Integer.parseInt(txt_satu.getText());
        b = Integer.parseInt(txt_dua.getText());
        c = a * b;
        if ( !txt_satu.getText().isEmpty() && !txt_dua.getText().isEmpty()) {
            txt_tiga.setText(c)
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terkalikan");
        }else {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Ada yang error, mungkin form kosong");
        }
    } 
Kode error pada baris 6 sudah di selesaikan, selanjutnya adalah baris 7 untuk menampilkan hasil perkalian. Arahkan kursor pada indikator error, nah disini akan terlihat berbeda yaitu sebelumnya indikator error hanya notifikasi merah yang tidak dapat di klik, sekarang indikator berupa lampu yang dapat di klik. Tetapi biasanya pesan error yang benar adalah berupa popup ketika kursor diarahkan ke indikator error tersebut. Ada dua tipe error yang terjadi dapat di perhatikan pada gambar di bawah.
Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java Netbeans
Gambar 6
Pesan error yaitu "';' excepted" dan "incompatible types : int cannot be converted to String", nah penjelasan error baris ini sudah ada di atas. Pesan error pertama menandakan tidak ada simbol semicolon atau penutup baris setiap kode program. Cukup tambahkan saja tanda semicolon (;) diakhir kode program pada baris 7 sehingga menjadi.
    private void tombolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        int a,b,c;
        a = Integer.parseInt(txt_satu.getText());
        b = Integer.parseInt(txt_dua.getText());
        c = a * b;
        if ( !txt_satu.getText().isEmpty() && !txt_dua.getText().isEmpty()) {
            txt_tiga.setText(c);
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terkalikan");
        }else {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Ada yang error, mungkin form kosong");
        }
    }
Dan pesan error terakhir adalah konvert dari int ke string, tetapi ini masalah berbeda dari yang sebelumnya. Berhubung hasil ditampilkan pada komponen textfield, dan komponen ini bertipe data String cukup menambah tanda string saja di sebelum variabel c sehingga menjadi seperti berikut ini.
    private void tombolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        int a,b,c;
        a = Integer.parseInt(txt_satu.getText());
        b = Integer.parseInt(txt_dua.getText());
        c = a * b;
        if ( !txt_satu.getText().isEmpty() && !txt_dua.getText().isEmpty()) {
            txt_tiga.setText(""+c);
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terkalikan");
        }else {
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Ada yang error, mungkin form kosong");
        }
    } 
Selanjutnya pada baris 8 arahkan kursor ke lampu indikator error, pesan error yang ditampilkan adalah "cannot find simbol , symbol: variable JOptionPane, location: class JavaError".
Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java Netbeans
Gambar 7
Pesan error seperti ini menandakan program tidak dapat membaca suatu variabel atau class. Untuk menangani pesan seperti ini kita barulah di izinkan untuk klik indikator error tersebut, dan memilih saran untuk memperbaiki error. Perhatikan gambar berikut ketika indikator di klik.
Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java Netbeans
Gambar 8
Ada beberapa penyaranan yaitu "Add Import for javax.swing.JOptionPane, Create class JOptionPane .......", karena JOptionPane merupakan library dari java sendiri maka kita dapat memilih Add Import for javax.swing.JOptionPane. Jika bukan library barulah kita bisa memilih create class JOptionPane dan membuat kode program untuk JOptionPane. Hal ini biasanya terjadi juga ketika kita membuat suatu class tertentu pada aplikasi (contoh class koneksi database/proses crud), dan dalam pemanggilan class yang sudah kita buat pada aplikasi tidak sesuai dengan bisa karena penamaan class yang berisi huruf besar dan huruf kecil. Sebagai contoh class dengan nama koneksiCRUD dipanggil menjadi koneksi_Crud, tentu ini akan membuat program menjadi bingung apa yang dipanggil dan memberikan pilihan kepada programmer seperti contoh diatas.

Penutup


Cara Menangani Pesan Error Pada Pemrograman Java Netbeans
Gambar 9
Setelah dijalankan maka kode program akan berjalan dengan normal seperti gambar diatas. Kondisi error pada saat belajar atau saat membuat aplikasi memang bervariasi, tetapi setiap kondisi tersebut akan selalu ada cara pemecahan masalahnya. Pemecahan dari kondisi error tergantung seberapa kita mengerti apa yang sudah kita buat dan logika seperti apa yang kita pikirkan. Terkadang ada kondisi error yang sangat kecil dicari ke dalam forum, tak heran terkadang pertanyaan-pertanyaan tersebut di bercandain oleh teman-teman yang lebih dulu mencicipi banya kondisi error. Solusi untuk penanganan ini sederhana saja, pastikan anda mengusai dasar-dasar setiap yang anda ketik saat membuat program.
loading...
Share This :
Hady Eka Saputra

Belajar adalah proses menuju kesuksesan dan proses membuat hasilnya menjadi bernilai. 

avatar

Bagus nih gan, pemula wajib tau error yang terjadi.

10 April 2017 at 18:54
avatar

Saya tertarik dengan judul dan tulisan anda, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pengembangan Komputer yang bisa anda kunjungi di Informasi Pengembangan Komputer

5 May 2017 at 23:07
Terimakasih sudah berkesempatan untuk menimba ilmu dari blog JSC, semoga ilmu yang di share dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai ilmu yang terkait ataupun tidak, mari kita berdiskusi di dalam kolom komentar ini.

Keep Learning and Keep Sharing