BLANTERORBITv102

    Cara Memasukan Data ComboBox Ke Dalam Database Pada JavaFx

    Minggu, 17 Juni 2018

    Pembukaan

    Combobox di dalam JavaFx tidak terlalu berbeda didalam java swing atau bahasa pemrograman lain. Yang berbeda adalah untuk mengisi list didalam combobox itu sendiri, dimana harus di inisialisasi didalam Class Controller dalam bentuk List. 

    Pembahasan

    Pada projek atau tutorial mengenai RadioButton, tambahkan komponen control yaitu Label dan ComboBox setelah atau sebelum RadioButton. Lalu pada ComboBox beri id dengan nama fx:id adalah comboAgama. Dalam contoh ini saya akan buatkan input agama ke dalam database. Perhatikan gambar dibawah untuk lebih lengkapnya.
    Cara Memasukan Data ComboBox Ke Dalam Database Pada JavaFx 1
    Gambar 1
    Selanjutnya tambahkan kolom agama setelah kolom jenis kelamin, sebenarnya ini hanya opsi silahkan saja kamu dapat letakan dimana saja dengan syarat kolom agama masih berada pada tabel user (tabel untuk contoh). Kamu dapat menggunakan query berikut.
    ALTER TABLE `tbl_user` ADD `agama` VARCHAR(10) NOT NULL AFTER `jenis_kelamin`;
    Setelah diberkan id pada komponen ComboBox dan penambahan kolom pada database, maka kamu dapat mengupdate Controller User. Masih menggunakan cara yang sama yaitu dengan menggunakan Make Controller pada file paneUser.fxml.
    @FXML
    private ComboBox<?> comboAgama;
    Ubahlah simbol tanda tanya (?) menjadi String, karena comboAgama akan di isi dengan nilai yang berupa String sehingga menjadi seperti berikut.
    @FXML
    private ComboBox<String> comboAgama;
    Tambahkan sebuah list setelahnya, yang mana list ini menyimpan data array dari comboAgama, seperti kode berikut.
    ObservableList<String> list = FXCollections.observableArrayList("Islam","Kristen","Protestan","Hindu","Budha","Lainnya");
    ObservableList adalah class dari package collection di javafx, yang mana class ini dapat menyimpan data berupa array / list (obervableArrayList).
    Agar ketika program dijalankan comboAgama secara otomatis terisi data agama, maka pada method initialize() tambahkan kode comboAgama.setItems(list), perhatikan kode program berikut:
    public void initialize(URL url, ResourceBundle rb) {
       comboAgama.setItems(list);
    }
    Kemudian coba jalankan program dan lihat hasilnya, pastikan sudah menampilkan list agama. Selanjutnya adalah menyimpan data yang dipilih dari comboAgama ke dalam database. Pada variabel query insert yang sebelumnya
    String query = "INSERT INTO `tbl_user`(`username`, `password`,`jenis_kelamin`) VALUES (?,?,?)";
    ubah menjadi
    String query = "INSERT INTO `tbl_user`(`username`, `password`,`jenis_kelamin`,`agama`) VALUES (?,?,?,?)";
    Lalu set data yang akan di eksekusi sebelum kode pst.execute(); dengan kode berikut.
    pst.setString(4, comboAgama.getValue());
    Cek kembali dengan melakukan debug lalu run program, pastikan tidak ada error yang terjadi. Jika berhasil maka data akan tersimpan kedalam database seperti gambar berikut.
    Cara Memasukan Data ComboBox Ke Dalam Database Pada JavaFx 2
    Gambar 2

    Penutup

    Seperti biasa, kamu dapat malakukan perubahan atau kostum data menyesuaikan dengan contoh. Saya kira tutorial mengenai Cara Memasukan Data ComboBox Ke Dalam Database Pada JavaFx sudah dapat membantu. Jika masih ada kendala atau error yang terjadi silahkan diskusi melalui komentar.

    Terimakasih sudah berkesempatan untuk menimba ilmu dari blog JSC, semoga ilmu yang di share dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai ilmu yang terkait ataupun tidak, mari kita berdiskusi di dalam kolom komentar ini.

    Keep Learning and Keep Sharing