BLANTERORBITv102

    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java

    Selasa, 31 Oktober 2017

    Pembuka

    Twitter merupakan sosial media yang sudah terkenal dikalangan masyarakat IT, apalagi twitter merupakan sosial media yang paling banyak diminati untuk melakukan beberapa riset, atau sekedar menggunakan API dari twitter untuk megambil data pengguna, tweet dan tranding topik dari hastag yang ada. Pada kesempatan ini saya akan memberikan kode program, bagaimana seluruh data pada twitter dapat diakses dengan program lain. Kunci utamanya adalah API yang sudah disediakan Developer Twitter, API dapat diakses dengan mendapatkan kode (token) yang kita minta dari twitter. Melalui token tersebut kita dapat meminta data seperti timeline, profile, atau trending topik di twitter, selanjutnya saya akan bahas pada tutorial Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java ini.

    Pembahasan

    Masuk ke dalam halaman pengembang twitter atau bisa langsung melalui url https://apps.twitter.com , selanjutnya akan diminta masuk dengan akun twitter yang sudah terdaftar. Silahkan login saja menggunakan akun twitter kamu yang aktif. Selanjutnya anda akan disuguhi laman Application Managemen, yang dapat juga dikatakan laman pembuatan App pada akun twitter. 
    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java 1
    Gambar 1
     App disini sebenarnya hanya untuk mendapatkan beberapa Key atau Token yang nantinya digunakan pada pengembangan  aplikasi menggunakan Pemrograman lain (dalam hal ini java salah satunya). Selanjutnya arahkan dan klik pada tombol Create New App untuk membuat App baru. Isi form Application Details yang diberi tanda bintang merah, pada bagian Callback URL silahkan dikosongkan saja tidak apa-apa.
    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java 2
    Gambar 2
    Ceklis pada bagian Developer Agreement, bisa di baca sebelum melanjutkan untuk menekan tombol Create your Twitter application.
    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java 3
    Gambar 3
    Setelah sukses, kita lakukan beberapa settingan yaitu pertama setingan permision dan kedua generate acces token. Pada bagian tab Permissions pilih Read, Write and Access direct messages untuk akses penuh ke twitter (sebenarnya tidak penuh-penuh kali) kemudian klik tombol Update Settings.
    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java 4
    Gambar 4
    Selanjutnya buka tab Keys and Access Tokens, maka akan ditampilkan kode (token) untuk Consumer, dan kita buat juga untuk App kita dengan menekan tombol Access Token di bagian bawah "Your Access Token".
    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java 5
    Gambar 5 : Consumer Key
    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java 6
    Gambar 6 : Access Token
    Lalu kita akan lakukan tes untuk Menghubungkan Twitter dengan Program Java yang kita buat, silahkan buka netbeans dan buat project dengan nama AccessTwitter. Selanjutnya sebelum kita melakukan koding, download terlebih dahulu library Twitter4J.


    Extrak file twitter4j-*.zip di sebuah folder yang mudah di temukan. Selanjutnya import library Twitter4J dengan nama file twitter4j-core-*.jar pada folder lib. Perhatikan tanda (*) merupakan versi dari library, karena pada tanggal postingan ini library Twitter4J masih versi 4.0.4.
    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java 7
    Gambar 7
    Selanjutnya pada bagian main class, silahkan tambahkan kode program berikut, saya akan berikan contoh untuk mengambil isi timeline kita.
    ConfigurationBuilder config = new ConfigurationBuilder();
            config.setDebugEnabled(true)
                    .setOAuthConsumerKey("Consumer Key")
                    .setOAuthConsumerSecret("Consumer Key Secret")
                    .setOAuthAccessToken("Your Token")
                    .setOAuthAccessTokenSecret("Your Token Secret");
            
            TwitterFactory tfactory = new TwitterFactory(config.build());
            twitter4j.Twitter twitter = tfactory.getInstance();
            
            try {
                List status =  twitter.getHomeTimeline();
                int n= 0;
                for (Status s : status) {
                    n++;
                    System.out.println(n+" = "+s.getUser().getName()+" Tweet : "+s.getText());
                }
            } catch (TwitterException e) {
                System.out.println(e);
            }
    Isi bagian Consumer Key, Consumer Key Secret, Your Token, dan Your Token Secret sesuai dengan kode yang ada pada Apps Twitter. Apabila ada error silahkan tekan tombol CTRL+SHIFT+I pada keyboard, jika tidak ada error barulah coba di jalankan.
    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java 8
    Gambar 8 : Timeline di Java
    Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java 9
    Gambar 9 : Original Timeline

    Penutup

    Sekian tutorial bagaimana Cara Menghubungkan Twitter dengan Program Java dengan mengambil contoh adalah melihat timeline dari akun twitter masing-masing.

    Terimakasih sudah berkesempatan untuk menimba ilmu dari blog JSC, semoga ilmu yang di share dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai ilmu yang terkait ataupun tidak, mari kita berdiskusi di dalam kolom komentar ini.

    Keep Learning and Keep Sharing