BLANTERORBITv102

    Cara Memasukan Data RadioButton Ke Dalam Database Pada JavaFx

    Minggu, 06 Agustus 2017

    Pembukaan

    Sama halnya seperti Swing, radio berfungsi untuk melakukan satu pemilihan pada beberapa pilihan yang di berikan. Baca Cara Membuat jRadioButton Pada Komponen Swing di Java. Karena memiliki fungsi yang sama sehingga tidak perlu di jelaskan panjang lebar, langsung saja ke bagian pembahasan.

    Pembahasan

    Tentu tutorial ini melanjutkan tutorial sebelumnya yaitu Cara Memasukan Data TextField Ke Dalam Database Pada JavaFX , sehingga tidak perlu menjelaskan lagi database yang digunakan. Pada database yang sudah kita gunakan tambahkan satu kolom yaitu kolom jenis kelamin, berikut code sql untuk menambah kolom jenis kelamin.
    ALTER TABLE `tbl_user` ADD `jenis_kelamin` VARCHAR(12) NOT NULL AFTER `password`;
    Buka project netbeans yang telah ada kemudian tambah komponen yang diperlukan pada file paneUser.fxml. Adapun komponen yang kita perlukan adalah Label dan RadioButton. Tambahkan masing-masing komponen kemudian edit text menjadi Jenis Kelamin untuk komponen Label, Laki-laki untuk radio button pertama dan Perempuan untuk radio button kedua.
    Cara Memasukan Data RadioButton Ke Dalam Database Pada JavaFx 1
    Gambar 1
    Selanjutnya pada bagian properties komponen cari “Toggle Group”, bagian ini berguna untuk menggolongkan radio button pada sebuah grub sehingga radio ketika di pilih akan memilih salah satu dari radio yang disediakan. Misalnya lagi ada komponen 10 radio button maka sifat radio ketika akan terpilih salah satu dari 10 radio saja akan berfungsi, jika tidak menggunakan grub maka masing-masing komponen yang 10 bisa saja terseleksi semua.

    Untuk membuat Toggle Group, kita terlebih dahulu memilih radio button yang di gunakan, bisa memilih salah satu terlebih dahulu atau kedua radio tersebut. Kemudian pada textbox Toggle Group isikan dengan jk (untuk jenis kelamin atau kasus yang anda gunakan). Setelah semua selesai silahkan simpan perubahan, coba terlebih dahulu apakah radio button berfungsi dengan benar (CTRL+P).
    Cara Memasukan Data RadioButton Ke Dalam Database Pada JavaFx 2
    Gambar 2
    Selanjutnya pada bagian Code, ubah fx:id masing-masing radio menjadi radio_lk untuk Laki-laki dan radio_pr untuk perempuan. Pada  bagian On Action tambah action_lk untuk Laki-laki dan action_pr untuk Perempuan. Kenapa harus ada on action, jadi untuk mengambil text dari radio kita membutuhkan method yang berfungsi sebagai penyimpan data string (text radio) pada radio button nantinya. 
    Cara Memasukan Data RadioButton Ke Dalam Database Pada JavaFx 3
    Gambar 3
    Setelah disimpan, selanjutnya buat controller kembali dengan cara Make Controller.  Selanjutnya pada bagian pendefinisian variabel buat variabel String dengan nama jenis_kelamin.
    Cara Memasukan Data RadioButton Ke Dalam Database Pada JavaFx 4
    Gambar 4
    Beralih pada masing-masing action yang kita buat tadi pada radio button, tambahkan masing-masing kode berikut berdasarkan nama fd:id komponen.
        @FXML
        private void action_lk(ActionEvent event) {
            jenis_kelamin = radio_lk.getText();
        }
    
        @FXML
        private void action_pr(ActionEvent event) {
            jenis_kelamin = radio_pr.getText();
        }
    Pada bagian coding tombol simpan cari pst.execute();  dan letakan kode berikut tepat sebelum pst.execute(); (method ini lihat pada tutorial sebelumnya, jika mengikuti akan paham).
     pst.setString(3, jenis_kelamin);
    Karena kita menambah kolom pada tabel tentu query yang kita gunakan juga harus diubah.
    String query = "INSERT INTO `tbl_user`(`username`, `password`) VALUES (?,?)";
    Cari kode seperti diatas kemudian tambah kolom jenis_kelamin seperti kode dii bawah ini.
    String query = "INSERT INTO `tbl_user`(`username`, `password`,`jenis_kelamin`) VALUES (?,?,?)";
    Lakukan debug terlebih dahulu, kemudian coba jalankan program dan periksa apakah data jenis kelamin masuk kedalam database.
    Cara Memasukan Data RadioButton Ke Dalam Database Pada JavaFx 5
    Gambar 5

    Penutup

    Sekian tutorial untuk Cara Memasukan Data RadioButton Ke Dalam Database Pada JavaFx, untuk yang belum paham silahakan berdiskusi melalui kolom komentar.

    Terimakasih sudah berkesempatan untuk menimba ilmu dari blog JSC, semoga ilmu yang di share dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai ilmu yang terkait ataupun tidak, mari kita berdiskusi di dalam kolom komentar ini.

    Keep Learning and Keep Sharing