MASIGNCLEAN101

Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans

Pembukaan

Pesan dialog merupakan fitur untuk memberikan informasi pada user dengan aktifitas dari event atau aktifitas lain yang dilakukan. Dengan menggunakan pesan dialog, user dapat mengetahui apakah proses dapat berjalan dengan baik atau tidak(error). Pesan dialog yang menampilkan pesan error pada java adalah tipe ERROR_MESSAGE. Pesan dialog dalam java swing menggunakan Class JOptionPane, dengan beberapa type argumen.

Pembahasan

Berikut adalah komponen yang digunakan untuk membuat aplikasi pada tutorial pembuatan pesan dialog di java Netbeans. 

KomponenTextVariableFungsi
JLabel Membuat Dialog Di Java - Judul pada aplikasi
JLabel - basic_message, error_message,
information_message, warning_message,
question_message, plain_message,
option_dialog, confirm_dialog, input_dialog
Label yang di gunakan sebagai tombol.

Desain interface sesuai dengan yang di inginkan, semisalnya saya membuat seperti gambar dibawah.
Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
Gambar 1
Pada masing-masing tombol silahkan beri action event mouseClick, sehingga pada bagian source seperti gambar berikut.
Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
Gambar 2
  1. BASIC MESSAGE
    Untuk tahap awal kita akan membuat pesan dialog yang hanya menampilkan text biasa, silahkan ketikan kode program dibawah(block) pada event basic_message.
        private void basic_messageMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                           
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Ini adalah pesan biasa \n WWW.JAVA-SC.COM");
        }  
    Jika ada pesan error pada baris JOptionPane, silahkan import library dari class JOptionPane tersebut dengan cara klik lampu pada bagian line number dan pilih Add import for javax.swing.JOptionPane. Atau dengan cara mengekan tombol keyboard CTRL+SHIFT+I.
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 3
  2. ERROR_MESSAGE
    Error Message adalah dialog yang tepat untuk menampilkan pesan error pada aplikasi, atau proses yang tidak berjalan semestinya(error) ditampilkan pada dialog ini. Kode program untuk pesan error ini di letakan pada event komponen error_message.
        private void error_messageMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                           
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Contoh : Tidak Dapat Membuka File", "Title : Pesan Error ???", JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
        }  
    Null adalah contoh dari componen yang di gunakan pada dialog ini, kenapa dibuat dengna nilai NULL? Sebabnya adalah Null merupakan nilai default atau nilai yang tidak berarti, bisa saja kita memasukan komponen panel atau komponen label. Selanjutnya adalah atribut dari pesan error yang akan ditampilkan pada dialog, dimana sebagai contoh adalah "Contoh : Tidak Dapat Membuka File". "Title : Pesan Error ???" merupakan title dari dialog yang muncul. JOptionPane.ERROR_MESSAGE adalah atribut yang digunakan sebagai tipe dari dialog message.
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 4
  3. INFORMATION_MESSAGE
    Information Message adalah dialog yang berfungsi untuk memberikan peringatan informasi kepada user. Kode program untuk membuat information message adalah sebagai berikut.
        private void information_messageMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                                 
           JOptionPane.showMessageDialog(null, "Contoh : Data anda berhasil tersimpan !!", "Title : Pesan Informasi ???", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
        }                                                
    Dari kode diatas, terlihat tipe dari pesan dialognya adalah JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 5
  4. WARNING_MESSAGE
    Warning Message adalah dialog yang hanya memberikan peringatan tertentu kepada user, sebagai contoh peringatan untuk mengisi form dengan lengakap atau peringatan harus login aplikasi. Berikut kode program untuk dialog warning.
        private void warning_messageMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                             
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Contoh : Harap isi data dengan benar", "Title : Pesan Peringatan ???", JOptionPane.WARNING_MESSAGE);
        }
     Tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya, hanya saja berbeda pada tipe dialog yang digunakan.
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 6
  5. QUESTION_MESSAGE
    Question Message digunakan untuk pesan yang berisi pertanyaan kepada user. Biasanya ditampilkan apabila ingin keluar dari aplikasi atau untuk memberikan pilihan ke form lain. Berikut kode program untuk question message.
        private void question_messageMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                              
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Apakah anda ingin keluar?", "Title : Pesan Pertanyaan ???", JOptionPane.QUESTION_MESSAGE);
        }  
    
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 7
  6. PLAIN_MESSAGE
    Plain Message sebenarnya adalah bentuk basic dari pesan dialog, karena hanya menampilkan text/ pesan pada dialog yang di buat. Berikut contoh kode program untuk plain message.
        private void plain_messageMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                           
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "Ini cuma pesan pline text", "Title : Pesan Plain ???", JOptionPane.PLAIN_MESSAGE);
        }  
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 8
  7. OPTION DIALOG
    Option Dialog adalah dialog yang didalamnya memiliki beberapa opsi pilihan (tombol pilihan). Sebagai contoh adalah sebagai berikut.
        private void option_dialogMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                           
            Object[] options = {"Yes", "No","Help?"};
            int n = JOptionPane.showOptionDialog(null,
            "Apakah anda sudah mengerti ?",
            "Tanya Jawab",
            JOptionPane.YES_NO_CANCEL_OPTION,
            JOptionPane.QUESTION_MESSAGE,
            null,
            options,
            options[2]);
        }  
    Dimana ada pilihan Yes, No dan Help pada dialog yang di tampilkan, opsi tersebut merupakan tipe dari YES_NO_CANCEL_OPTION. Untuk tipe dialognya menggunakan Question Message, secara default dialog ini menyerupai Confirm Dialog.
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 9
  8. CONFIRM_DIALOG
    Confirm Dialog adalah tipe dialog Yes No Option, perhatikan contoh berikut.
        private void confirm_dialogMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                            
            JOptionPane.showConfirmDialog(null, "Apakah Mau Keluar","Warning!!", JOptionPane.YES_NO_CANCEL_OPTION);
        } 
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 10
  9. INPUT_DIALOG
    Input dialog memungkinkan di dalam dialog terdapat komponen inputan (textfield) , secara default adalah contoh berikut.
        private void input_dialogMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                          
            String nama = JOptionPane.showInputDialog(null, "Masukan Nama Anda","Informasi Nama", JOptionPane.WARNING_MESSAGE);
            System.out.println(nama);
        }  
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 11
    Contoh lain untuk input dialog adalah kode program berikut.
        private void input_dialogMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) {                                          
            Component source = (Component) evt.getSource();
            Object response = JOptionPane.showInputDialog(source,
                "Apa yang anda pikirkan saat ini",
                "Select a Destination", JOptionPane.QUESTION_MESSAGE,
                null, new String[] { "A", "B","C", "D", "E" },"A");
            System.out.println("Response: " + response);
        }   
    Cara Membuat Pesan Dialog Di Java Netbeans
    Gambar 12 

Penutup

Dengan menggunakan pesan dialog membantu user memahami perintah-perintah yang ada pada aplikasi. Selain itu pesan dialog dapat membantu menangani human error dalam penginputan data, namun harus di buat sedemikian rupa agar sesuai dengan yang di perlukan pada aplikasi tersebut.
loading...
Share This :
Hady Eka Saputra

Belajar adalah proses menuju kesuksesan dan proses membuat hasilnya menjadi bernilai. 

avatar
Anonymous

Damn, I wiѕh Ⅰ cоuld think οf sοmething smart lіke
that!

15 June 2017 at 08:53
Terimakasih sudah berkesempatan untuk menimba ilmu dari blog JSC, semoga ilmu yang di share dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai ilmu yang terkait ataupun tidak, mari kita berdiskusi di dalam kolom komentar ini.

Keep Learning and Keep Sharing