MASIGNASUKAv101
4551133496077351792

Representasi Numeric

Representasi Numeric
Add Comments
Monday, 26 September 2016
Pada pertemuan ini kita akan membahas tentang Representasi Numeric. Menurut istilah representasi adalah perbuatan mewakili; perwakilan; apa yang mewakili. Sedangkan numeric berarti yang bersifat angka atau sistem angka. Jadi, Representasi Numeric adalah suatu perbuatam atau tindakan untuk mewakili sistem angka-angka.

Dalam Representasi Numeric membutuhkan "kuantitas" atau suatu nilai yang jelas, cara menyatakan kuantitas secara numeric sebagai berikut:
  1. Representasi Analog.
  2. Dalam Representasi Analog kuantitas suatu besaran dinyatakan dengan tegangan, arus atau jarak perpindahan yang sebanding dengan nilai dari kuantitas tersebut. Dalam Representasi Numeric bersifat Kontinyu. Contoh : Speedometer pada motor. Speedometer pada motor menggambarkan besar kecepatan kendaraan. Speedometer bekerja sesuai besar kecepatan motor dengan ditandai dengan bergeraknya jarum di speedometer. Contoh lainnya yaitu Termometer air raksa.


  3. Representasi Digital
  4. Representasi digital mewakili nilai-nilai pasti. Kuantitas-kuantitas tidak dinyatakan dengan kuantitas-kuantitas sebanding, tapi dengan simbol-simbol yang disebut digit. Representasi digital bersifat Step By Step. Contoh : pada jam digital, temometer digital dan timbangan digital.
Untuk melihat perbandingannya perhatikan gambar dibawah ini:
Semoga bermanfaat. Wassalam...