BLANTERORBITv102

    Program Java Pertama "I Love Java Programming"

    Jumat, 08 Agustus 2014
    Untuk para pemula atau yang baru mulai mengenal pemrogramman java , saya akan sedikit menjelaskan sedikit bagian-bagian pada baris kode pemrograman java. Saya kasih contoh saja untuk program yang sederhana , karena sesuai dengan judul dari artikel ini Program Java Pertama "I Love Java Programming".
    
    package blogjava.sc;
    /**
    *
    * @author Hady
    */
    public class BlogJavaSC {
    /**
    * @param args the command line arguments
    */
    public static void main(String[] args) {
    // TODO code application logic here
    System.out.println("I Love Java Programming");
    }
    }
    
    Pada baris pertama yaitu package blogjava.sc; merupakan sebuah paket dasar pada program yang digunakan dalam membungkus sebuah class class. 
    Kemudian dibawahnya terdapat :
    
    /**
     *
     * @author Hady
     */

    Kode tersebut merupakan komentar , komentar ini biasanya untuk mendokumentasikan setiap bagian pada program. Semisalnya memberitahukan bahwa kode setelah komentar adalah kode yang digunakan sebagai method. Maka diperjelas pada komentar ini , dan lagi komentar ini tidak berpengaruh pada keberhasilan sebuah program saat di running.

    Kemudian setelah komentar ada kode : public class BlogJavaSC { . Kode ini menandakan nama class pada package. Class tersebut menggunakan access specifier public, yang mengindikasikan bahwa class
    tersebut mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula. Untuk pemahaman lebih lanjut mengenai access specifier, anda bisa klik Pemahaman Tentang Access Specifier. Terdapat juga pada baris tersebut setelah nama class sebuah buja kurung kurawal { , simbol ini digunakan untuk membuka block pertama pada program. Nanti kita juga akan menemukan tanda tutup kurung kurawal } . Simbol ini akan banyak dipakai apabila kita akan membuat sebuah program yang membutuhkan pemisah antara baris program lainnya.

    Setelah itu terdapat kode komentar , kemudian kodepublic static void main(String[] args) {. Kode tersebut merupakan method utama yang terdapat pada class BlogJavaSC dan dalam package blogjava.sc.

    Setelah baris method terdapat kode :  // TODO code application logic here . Ini sama halnya seperti komentar pada baris sebelumnya. Akan tetapi komentar dengan tanda // hanya bisa digunakan untuk 1 baris saja. Pada bagian inilah dengan menghapus atau membiarkan komentar , kita akan mengetikan kode program System.out.println("I Love Java Programming");. Kode program tersebut hanya menampilkan sebuah teks dengan kalimat I Love Java Programming. Nanti kita akan mempelajari beberapa baris pada program yang akan kita buat pada method tersebut. 

    Kemudian setelah itu barulah kita temukan tanda tutup kurung kurawal , yang menandakan simbol ini sebuah akhir dari method dan class. Simbol ini di buat sesuai urutan , anda bisa meletakan kursor setelah/sebelum tanda tersebut. Maka akan terlihat dimana batasan yang diberikan pada simbol ini.

    Mungkin sekilas untuk pemahaman bagian code java pada Program Java Pertama "I Love Java Programming". Selanjutnya kita akan lebih banyak belajar lagi tentang program java ini.

    Terimakasih sudah berkesempatan untuk menimba ilmu dari blog JSC, semoga ilmu yang di share dapat bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai ilmu yang terkait ataupun tidak, mari kita berdiskusi di dalam kolom komentar ini.

    Keep Learning and Keep Sharing

    1. waah thanks ya informasinya, bebrmamfaat bgd uuntuk pembuatan modul asistensi ^_^ semoga terus menjadi sumber yang bermamfaat :)

      BalasHapus